2013/2014
Inovasi Pembelajaran Matematika
Dosen : Jajo Firmanraharjo, M.Pd.
Di
Susun oleh
Nama : DWI SATRIA MAULANA
NPM : 110070123
Prodi : PENDIDIKAN MATEMATIKA
Tingkat
/ kelas :
4/J
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
2013
1. Globalisasi
menuntut para pendidik
dan semua pihak yang berkepentingan untuk ikut serta secara aktif. Itu pula
pendidikan millenium ini dan yang
akan datang disebut juga community based
education. Keyakinan yang menggarisbawahi pendidikan globalisasi adalah
mendorong masyarakat khususnya generasi muda untuk membangun knowledge society, yaitu masyarakat yang
berbasis IPTEK, yang yakin bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi jauh lebih
penting dari pada sumber alam walau semelimpah apapun juga.
Bagaimana pendapat anda
mengenai hal tersebut? bagaimana inovasi berperan dalam mambangun pendidikan
globalisasi?
Memang benar dalam menyikapi globalisasi khususnya
dalam dunia pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi jauh lebih penting karena
diera globalisasi ini perkembangan teknologi sangat pesat. Ini membuat
masyarakat (siswa) dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut.
Dampak globalisasi ada dua yaitu, dampak positif dan
dampak negatif. Salah satu dampak negatif dari globalisasi pendidikan adalah dunia pendidikan akan sangat tergantung pada teknologi, yang berdampak
munculnya “tradisi serba instant”. Untuk meyikapi dampak
negatif tersebut disinilah inovasi berperan untuk meredam ketergantungan pada
teknologi. Inovasi yang dilakukan untuk meredam ketergantungan tersebut bisa
dengan cara pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan alat peraga,
memanfaatkan benda-benda sekitar dan kejadian-kejadian sehari-hari untuk
dijadikan bahan/cara pengajaran, sehingga tidak setiap proses pembelajaran
dilakukan dengan bantuan teknologi. Inovasi ini dilakukan juga karena kita
sadar bahwa tidak semua masyarakat (siswa) mampu memahami materi yang
disampaikan dengan bantuan teknologi, karena semua siswa itu individu yang
berbeda-beda begitupun dengan cara belajarnya yang berbeda-beda.
Untuk membangun pendidikan globalisasi guru
dituntut untuk menjaga/membentuk moral siswa kearah yang positif. Kita sadar
adanya globalisasi membawa budaya barat ke Negara kita, selain itu teknologi
juga berkembang pesat yang memiliki dampak positif dan negatif. Untuk menyikapi
hal tersebut guru serta tenaga pendidik lainnya harus mengawasi siswa agar
tidak mengarah ke dampak negatif dari globalisasi tersebut, sudah banyak kasus
kemrosotan moral siswa di Indonesia akibat masuknya budaya barat ke Negara
Indonesia. Untuk itu saran dari saya agar setiap sekolah yang mayoritas
siswanya islam atapun non islam agar jam pelajaran keagamaan diperbanyak. Hal
ini dimaksudkan agar siswa memiliki iman untuk melawan godaan dari kebudayaan
barat. Selain itu pembentukan moral yang baik bisa dilakukan dengan cara
mengadakan jam bimbingan konseling pada setiap kelas dan setiap tingkatan agar
bisa membentuk dan memantau moral siswa. Untuk membangun pendidikan globalisasi
tidak hannya diperlukan masyarakat yang berbasis IPTEK, namun dibelaki juga
dengan IMTAQ (islam). Jadi menurut saya membangun pendidikan globalisasi
diperlukan masyarakat (siswa) yang berbasis IPTEK dan IMTAQ.
2. Secara
individual : tulislah satu masalah nyata yang anda hadapi dalam pembelajaran
(Pembelajaran Matematika) ? Rumuskan ? dan paparkan solusi secara efektif,
integrasikan dan simpulkan !
Dalam
pembelajaran matematika padaa saat saya melaksanakan PPL permasalah yang saya
hadapi yaitu permasalahan siswa dalam menyelesaikan soal latihan. Dalam
kegiatan latihan soal banyak siswa yang mengajukan
pertanyaan tentang lalngkah-langkah dalam menyelesaikan soal latihan, dan ini
terjadi disetiap latihan dibeberapa pertemuan awal. Solusi untuk menyikapi keadaan tersebut yaitu untuk membuat Lembar
Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi beberapa langkah-langkah untuk menyelesaikan
soal latihan dan betuk soalnya pun dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari yang
kerap siswa alami. Dipertemuan berikutnya dengan penggunaan Lembar Kerja Siswa
(LKS) didapat hasil yang signifikan, siswa hanya bertanya untuk meyakinkan
bahwa langkah yang dia kerjakan benar, dan mendapat respon yang positif dari
siswa untuk menyertakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam setiap pertemuan. Jadi dengan penggunaan
LKS yang berbasis kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan kepemahaman siswa
untuk menyelesaikan soal.
3. Buatlah
suatu inovasi dalam pembelajaran. Buatlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang
berbasis IPTEK dengan menginovasi suatu model pembelajaran dengan menggunakan
media bantu pembelajaran (Misalkan LKS,
Student Book, CD Interaktif, CD Pembelajaran, Alat peraga, Multimedia dll).
Dengan materi tertentu sesuai dengan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
sesuai kurikulum yang berlaku.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XI IPA / 1
Pertemuan Ke :
5 (Lima)
I. Standar Kompetensi
Menggunakan
aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan
masalah.
II. Kompetensi Dasar
Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran
penyebaran data, serta penafsirannya
III.
Indikator
Menetukan
data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua,
kuartil ketiga), statistik lima serangkai, (statistik minimum, statistik
maksimum, median, kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), rataan
kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran ini, siswa dapat:
1. Menggunakan rumus mencari
varians, dan simpangan rata-rata.
arakter yang diharapkan :
ü Percaya diri
ü Disiplin
ü Rasa ingin tahu
V.
Muatan Imtaq
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sÎ) @Ï% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿt ª!$# öNä3s9 ( #sÎ)ur @Ï% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùöt ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uy 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ×Î7yz ÇÊÊÈ
11.
Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah
dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan
untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah,
niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan
orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha
mengetahui apa yang kamu kerjakan.
VI. Materi Pembelajaran
Ragam
atau Varians (
Simpangan
Rata-rata
Data tunggal
Data kelompok
VII.
Alokasi
Waktu
2 x 45 menit
VIII.
Model,
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Model : NGEFET (NGErjakannya estaFET)
2. Metode : Deduktif
3. Pendekatan : Pemecahan Masalah
Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1. Menyiapkan
siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya.
3. Menjelaskan
tujuan pembelajaran.
4. Menyampaikan
cakupan materi.
|
8
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa diberi apersepsi
melalui pertanyaan dalam bentuk soal. (konfirmasi).
Bagaimana cara mencari varians,
dan simpangan rata-rata dari suatu data yang telah diketahui.
karakter: rasa ingin tahu
2. Siswa diberi motivasi Apabila materi ini dikuasai
dengan baik maka peserta didik diharapkan memahami cara menghitung variansi, dan simpangan rata-rata dari suatu
data yang telah diketahui.
1. karakter:
tekun
3.
Guru memberikan
contoh soal pada pembahasan misalnya menentukan variansi dan simpangan
rata-rata. (eksplorasi)
karakter: rasa ingin tahu
4.
Guru membagikan siswa menjadi beberapa
kelompok, satu kelompok terdiri dari 4 siswa heterogen.
(elaborasi)
Karakter:
disiplin
5. Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk
berdiskusi tentang materi telah disampaikan. (elaborasi).
Karakter: disiplin, berdiskusi.
6.
Guru membagikan
lembar kerja ke-1 kepada setiap kelompok, dan memerintahkannya untuk
mengerjakanya secara berkelompok. (elaborasi).
Karakter: tekun, berdiskusi.
7.
Guru membagikan
lembar kerja ke-2 kepada setiap kelompok dan memerintahkannya untuk
mengerjakannya secara estafet setiap langkah pengerjaannya. Siswa pertama
mengerjakan langkah pertama, siswa kedua mengerjakan langkah kedua dan
selanjutnya. Setiap langkah diberi durasi pengerjaannya.
8. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
sekaligus memberi penguatan terhadap konsep persentil yang diperoleh setelah
melakukan diskusi. (elaborasi)
9.
Guru mengecek kembali
konsep-konsep yang telah dipelajari. (konfirmasi)
10. Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang
belum mengerti. (konfirmasil)
11. Evaluasi
|
70
|
Kegiatan
Akhir
|
1. Guru dan siswa bersama-sama mengingat kembali materi
yang telah dipelajari
2. Bersama
siswa membuat kesimpulan pelajaran.
3. Melakukan
penilaian refleksi.
4. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil.
5. Merencanakan
tindak lanjut (Memberikan PR).
6. Menyampaikan
rencana pembelajaran pertemuan
berikutnya.
|
12
|
IX.
Alat dan
Sumber Belajar
Alat dan
bahan :
1. Buku paket.
2. Spidol, pengapus papan tulis, penggaris.
3. Alat tulis (lengkap: pulpen, penggris, pinsil, dll).
4. Alat peraga.
5. Proyektor.
Sumber Belajar :
1. Buku paket.
2. LKS
3. Buku referensi lain (BSE wahana MATEMATIKA untuk
SMA/MA kelas XI).
4. Intrumen
berupa soal-soal.
X. Penilaian
1. Teknik
Penilaian : Tes
tertulis (individu)
2. Bentuk
Instrumen : Esai / uraian
3. Contoh
Instrumen :
Instrumen:
Lembar
kerja 1
Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
Kelas :
1. Diberikan
data hasil ulangan matematika kelas XI B adalah sebagai berikut :
67 78 87 77 65 50
90 98 88 86 89 57
54 79 89 99 87 84
70 95 78 98 66 53
57 59 73 75 82 60
Buatlah
tabel distribusi frekuensi dari data di atas?
Penyelesaian :
a. Nilai
data terkecil adalah . . ., sedangkan nilai terbesar adalah . . .
b. Menetukan
jumlah kelas interval
Ukuran data/jumlah data
adalah n = . . .
Jumlah kelas yang
digunakan . . . atau . . .,
Ambil k = . . .
c. Menentukan
panjang kelas
Jadi, panjang kelas
dapat kita ambil . . . atau . . .,
Pilih p = . . .
d. Menentukan
kelas-kelas interval dan titik tengah
Karena nilai data
terkecil adalah . . . , maka . . . kita tetapkan sebagai batas bawah kelas
interval pertama. Dengan panjang kelas . . . , maka diperoleh
Kelas-kelas interval
beserta titik tengahnya seperti pada tabel.
Kelas Interval
|
Titik Tengah
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
Lembar
kerja 2
Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
Kelas :
Tentukan ragam dan simpangan baku dari data pada lembar kerja 1?
Kelas Interval
|
fi
|
xi
|
fi . xi
|
|
|
fi
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
.
. .
|
Jumlah
|
.
. .
|
|
.
. .
|
|
|
.
. .
|
Kita peroleh,
Jadi, ragam S2=
. . . maka S = . . .
Cirebon, 13 September 2013
Guru Pamong Guru Praktikan
DENI ROSDIAN,S.Pd, M.Pd DWI
SATRIA MAULANA
NIP. 197706052003121011 NPM : 110070123
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. H. Abu Malik M.Pd
NBA. 959607001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar