BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Manusia
senantiasa mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan merupakan
perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi
fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat. Perkembangan juga
merupakan proses perubahan dalam pertumbuhan
pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan
lingkungannya. Dengan kata lain perkembangan merupakan perubahan fungsional
yang dipengaruhi oleh pencapaian tingkat kematangan fisik dan intelek. Masa
remaja adalah masa yang khusus, penuh gejolak karena pada pertumbuhan fisik dan
kehidupan lingkungannya terjadi ketidak seimbangan. Hal ini akan mempengaruhi
perkembangan fisik, intelek, emosi, berbahasa, sosial, dan nilai remaja. Suatu
lingkungan dalam kehidupan remaja merupakan keadan yang dapat merangasang
perkembangan potensi-potensi yanga dimilikinya dan membawa perubahan-perubahan
apa yang diinginkannya dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Pengaruh lingkungan
merupakan salah satu factor tumbuh kembangnya remaja, remaja dibantu oleh
orangtua, guru dan orang dewasa lainnya bahkan teman sejawat untuk memanfaatkan
kapasitas dan potensi yang dibawanya dalam mencapai pertumbuhan dan
perkembangan yang diinginkannya.
B. Rumusan
Masalah
1.
Apa Pengertian dari Perkembangan
Hubungan Sosial Peserta Didik Usia Sekolah Menengah (Remaja)
2.
Faktor apa saja yang mempengaruhi
Perkembangan Hubungan Sosial Usia Remaja
3.
Apa Pengertian dari Perkembangan Bahasa
Peserta Didik Usia Sekolah Menengah (Remaja)
4.
Faktor apa saja yang mempengaruhi
Perkembangan Bahasa Usia Remaja
5.
Apa Pengertian dari Perkembangan Emosi
Peserta Didik Usia Sekolah Menengah (Remaja)
6.
Faktor apa saja yang mempengaruhi Perkembangan
Emosi Usia Remaja
C. Tujuan
Penulisan
1.
Agar dapat mengetahui Perkembangan
Hubungan Sosial di Usia Remaja
2.
Agar dapat mengetahui Perkembangan Bahasa
di Usia Remaja
3.
Agar dapat mengetahui Perkembangan Emosi
di Usia Remaja
4.
Mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi Perkembangan Hubungan Sosial, Perkembangan Bahasa, dan
Perkembangan Emosi Peserta Didik Usia Sekolah menengah (Remaja).baca selengkapnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar