Pencarian

Sabtu, 14 Juli 2012

contoh pengajaran model snow ball throwing


Kegiatan Awal
a.     Menyiapkan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya.
c.     Menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.  Menyampaikan cakupan materi.
 Kegiatan Inti

a.   Eksplorasi
1.   Guru membahas sebagian materi tentang  transformasi:
translasi dan refleksi.
2.   Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok sesuai dengan materi yang akan diajarkan yaitu: transformasi translasi, dan refleksi.
3.   Guru memberi nama setiap kelompok sesuai materi yang akan diajarkan yaitu: transformasi translasi, dan refleksi.

b.   Elaborasi
4.   Guru memberi kesempatan pada tiap kelompok untuk berdiskusi memahami transformasi refleksi, dan transformasi refleksi selama 20-30 menit.
5.   Kemudian guru memerintahkan tiap anak dalam satu  kelompok membuat soal di kertas selembar(diberi nama pembuat soalnya) disertai dengan jawabanya tapi di lembar yang berbeda, pembuatan soal disesuaikan dengan nama kelompok, contoh : si A kelompok refleksi, berarti si A membuat soal tentang refleksi.
6.   Setelah selesai membuat soal, guru memerintahkan tiap siswa untuk meremas lembar soal yang mereka buat hingga membentuk bulatan kertas.
7.   Guru memerintahkan tiap siswa melempar bulatan soal ke kelompok lain, dan setiap siswa wajib mendapatkan bulatan soal dari kelompok lain.
8.   Setelah tiap siswa mendapatkan bulatan soal, guru mempersilakan siswa mengerjakan soal tersebut dengan durasi waktu 10-15 menit.
9.   Guru kemudian menunjuk/memberikan kesempatan kepada 2-3 orang siswa untuk mempersentasikan hasilnya di depan.
  10.   Guru meminta siswa yang lain memperhatikan, memberi tanggapan atau sanggahan. 
  11.    Setelah siswa selesai mempersentasikan hasilnya, guru mencocokan jawabnya dengan jawaban siswa
          yang membuat soal tersebut. 
12.   Jika terjadi ketidak cocokan maka guru meminta siswa yang membuat soal untuk mempersentasikan jawabannya.
  13.    Kemudian guru dan siswa mendiskusikan jawaban mana yang benar. 
  14.    Guru menjelaskan dimana letak kesalahan pada jawaban yang kurang tepat.
 
a.   Konfirmasi
15.  Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya sekaligus member penguatan terhadap konsep transformasi: translasi dan refleki. yang diperoleh setelah melakukan diskusi.
16.  Guru mengecek kembali konsep-konsep yang telah dipelajari
   17. Guru memberikan contoh soal mengenai transformasi: translasi dan refleksi.
Kegiatan Akhir

1.       Guru dan siswa bersama-sama mengingat kembali materi transformasi: translasi dan refleksi yang telah dipelajari.
2.       Bersama siswa membuat kesimpulan pelajaran.
3.       Melakukan penilaian refleksi.
4.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil.
5.       Merencanakan tindak lanjut (Memberikan PR). 
6.   Menyampaikan rencana pembelajaran  pertemuan berikutnya.
 

Tidak ada komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Postingan

get this widget here

Translate

Free Backlinks