Kegiatan Awal
a.
Menyiapkan
siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya.
c.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran.
d. Menyampaikan
cakupan materi.Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1.
Guru membahas sebagian materi tentang
transformasi:
translasi
dan refleksi.
2.
Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok sesuai dengan materi yang akan
diajarkan yaitu: transformasi translasi, dan refleksi.
3.
Guru memberi nama setiap kelompok sesuai materi yang akan diajarkan
yaitu: transformasi translasi, dan refleksi.
b.
Elaborasi
4.
Guru memberi kesempatan pada tiap kelompok untuk berdiskusi memahami transformasi
refleksi, dan transformasi refleksi selama 20-30 menit.
5.
Kemudian guru memerintahkan tiap anak dalam satu kelompok membuat soal di kertas
selembar(diberi nama pembuat soalnya) disertai dengan jawabanya tapi di lembar
yang berbeda, pembuatan soal disesuaikan dengan nama kelompok, contoh : si A
kelompok refleksi, berarti si A membuat soal tentang refleksi.
6.
Setelah selesai membuat soal, guru memerintahkan tiap siswa untuk
meremas lembar soal yang mereka buat hingga membentuk bulatan kertas.
7.
Guru memerintahkan tiap siswa melempar bulatan soal ke kelompok lain,
dan setiap siswa wajib mendapatkan bulatan soal dari kelompok lain.
8.
Setelah tiap siswa mendapatkan bulatan soal, guru mempersilakan siswa
mengerjakan soal tersebut dengan durasi waktu 10-15 menit.
9.
Guru kemudian menunjuk/memberikan kesempatan kepada 2-3 orang siswa
untuk mempersentasikan hasilnya di depan.
10.
Guru meminta siswa yang lain memperhatikan, memberi tanggapan atau
sanggahan. 11. Setelah siswa selesai mempersentasikan hasilnya, guru mencocokan jawabnya dengan jawaban siswa
yang membuat soal tersebut.
12.
Jika terjadi ketidak cocokan maka guru meminta siswa yang membuat soal
untuk mempersentasikan jawabannya.
13.
Kemudian guru dan siswa mendiskusikan jawaban mana yang benar. 14. Guru menjelaskan dimana letak kesalahan pada jawaban yang kurang tepat.
a.
Konfirmasi
15. Guru memberi kesempatan siswa
untuk bertanya sekaligus member penguatan terhadap konsep transformasi: translasi
dan refleki. yang diperoleh setelah melakukan diskusi.
16. Guru mengecek kembali
konsep-konsep yang telah dipelajari
17. Guru
memberikan contoh soal mengenai transformasi: translasi dan refleksi.Kegiatan Akhir
1.
Guru dan siswa bersama-sama mengingat kembali materi transformasi:
translasi dan refleksi yang telah dipelajari.
2.
Bersama
siswa membuat kesimpulan pelajaran.
3.
Melakukan
penilaian refleksi.
4.
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil.
5.
Merencanakan
tindak lanjut (Memberikan PR).
6. Menyampaikan
rencana pembelajaran pertemuan
berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar